Silakan Resep dipraktekkan untuk keluarga atau usaha. Cicipi dulu sebelum diangkat dari kompor barangkali kurang asin.

Tips Memasak Udang Yang Benar

Tips Memasak Udang
Sebagai penggemar resep seafood, ibu-ibu dan saya patut tahu cara mengolah udang, baik mulai dari persiapan sampai dengan cara memasaknya. Banyak resep masakan menggunakan udang dari berbagai kebudayaan: contoh jambalayaokonomiyaki Jepang, poon choi, bagoong, scampi.


Sama seperti makanan laut lainnya, udang kaya akan kalsium dan protein tetapi rendah energi. Makanan yang bahan utamanya udang merupakan sumberkolesterol. sebagai tambahan, udang mengalami metamorfosis sempurna.


Tips Memasak Udang 


Bagaimana Cara Mengupas Udang

Caranya yaitu pegang buntutnya, lalu kupas kulitnya. Buang buntutnya agar tidak termakan oleh anak-anak, sebab anak-anak kadang susah mengunyah buntut. Namun jika kita ingin agar udang tampak cantik dalam menghidangkannya maka buntut jangan dibuang, dibiarkan saja ikut dimasak.

Cara Membersihkan Udang


Agar udang tidak bau amis maka untuk menghilangkan amis, belah sedikit atau toreh punggung udang tidak terlalu dalam, buang kotoran berujud tali hitam yang ada dengan ujung pisau runcing. Cuci udang dengan aliran air. Bisa juga diberi jeruk, tapi jangan terlalu banyak karena bisa jadi agak getir sengit pahit. Jangan ditaburi garam sebab begitu dimasak dagingnya bisa hancur.


Udang dikatakan segar jika baru diambil dari habitatnya. Masukkan dalam freezer agar udang bertahan segar lebih lama. Jika kelak ingin memasaknya maka pindahkan udang dari freezer ke kulkas biasa atau letakkan di bawah air dingin mengalir. Sama seperti kita memperlakukan ikan, maka udang yang baru keluar dari freezer dibiarkan di suhu ruangan sebelum dimasak. Udang jangan pernah dibekukan kembali jika sudah keluar dari freezer sebab percuma udang akan rusak juga. Masak udang ketika masih sedikit dingin.


Cara Memasak Udang Panggang

Tips memasak udang yang pertama adalah model panggang. Letakkan udang di alas pemotong dengan kaki udang menghadap keluar. Gunakan pisau tajam untuk membelah udang di antara dua sisi kaki sampai menyentuh kulit. Buka udang sampai rata dan cuci di air mengalir. Beri bumbu dan panggang selama 4-5 menit. Oleskan bumbu selagi memanggang agar tidak ada pinggiran yang gosong.

Tips Cara Merebus Udang 

Didihkan air dalam panci. Masukkan udang, godok sampai 4 menit saja. Ingat, jangan tunggu sampai air mendidih lagi. Dengan demikian, kulit udang tidak akan menempel pada daging udang yang mana ini untuk memudahkan dalam mengupas udang.

Cara Menggoreng

Udang yang akan digoreng harus tidak dalam keadaan beku, jadi kalo baru dikeluarkan dari freezer tunggu diamkan dulu disuhu ruang agar bekunya mencair. Lalu keringkan udang dengan menggunakan kertas tissue. Gunakan 1/4 sendok teh minyak zaitun dan bumbu yang diinginkan. Masak selama 3-5 menit. Jangan terlalu lama.

Jika akan menggoreng udang dengan banyak minyak (deep frying), celupkan udang ke dalam susu dan beri tepung sedikit. Masak dengan minyak  sayur dengan panas medium sampai berwarna coklat keemasan.

Buat penggemar seafood silakan anda coba Resep Kepiting Lezat Rasa Asam Manis