Silakan Resep dipraktekkan untuk keluarga atau usaha. Cicipi dulu sebelum diangkat dari kompor barangkali kurang asin.

Resep Nastar Nanas Lembut Istimewa

resep kue nastar
Resep Nastar Nanas khas Lebaran sudah pernah admin Resep Masakan praktekkan dengan hasil seperti tampak pada gambar kue kering nastar diatas. Buat ibu rumah tangga dan remaja putri bisa coba resep nastar lembut nan istimewa ini untuk makanan lebaran


Resep Nastar Nanas

Bisa jadi selama ini Bunda agak kecewa karena beli kue kering nastar nanas di toko tetapi teksturnya keras dan tidak wangi. Giliran mau beli yang lembut wangi eh harganya gak cocok dengan kita. Jika begitu adanya maka Bunda silakan praktekkan cara membuat nastar nanas lembut sekaligus wangi. Hanya dengan modal irit maka Bunda bisa bikin Nastar istimewa cukup banyak. Maklumlah pakai tenaga sendiri, he he....
Oh iya habis baca-baca disini kalau mau beli bahan Kue nastar bisa langsung beli online di

Bahan Resep Nastar Nanas

Bahan Resep Nastar kita kelompokkan jadi 3 ya Bund.. yaitu Bahan Kulit berupa adonan terigu dan Bahan isian berupa selai nanas yang mana dalam resep ini kita coba membuat selai nanas sendiri agar rasa lebih enak dan tekstur tidak alot. Bahan yang ketiga adalah olesan. Bahan kulit nastar berikut cocok untuk Bunda yang pernah membuat nastar dengan hasil mudah remuk sebab terlalu ngeprul.

Bahan kulit nastar:

  • 200 gr margarin biasa, berguna agar tekstur nastar lebih kokoh tidak mudah remuk.
  • 300 gr butter, membuat kue nastar wangi menggugah selera sekaligus merupakan kunci rahasia nastar wangi and lembut. Jika Bunda pakai 100% butter tanpa penambahan margarin maka nastar mudah remuk.
  • 100 gr gula halus , takaran gula halus bisa Bunda tambah jika menurut bunda nastar kurang manis.
  • 4 btr kuning telur, jangan pakai putih telur ya agar nastar enak dan lembut.
  • 700 gr tepung terigu protein rendah, contohnya merk payung, dahlia dll. Dengan kata lain terigu protein rendah adalah terigu termurah yang bisa Bunda cari di toko bahan kue kediaman Bunda. Jika dikediaman Bunda tidak ada terigu jenis protein rendah maka solusi terbaik adalah menggunakan tepung terigu protein sedang. Merk terkenal terigu protein sedang adalah segitiga biru.
  • 4 sdm susu bubuk fullcream. Saran admin resep masakan pakailah susu bubuk dancow warna putih rasa vanila yang biasa diminum oleh anak-anak. jangan sekali-kali Bunda pakai susu curah murah karena sama sekali tidak mendukung rasa nastar lembut menjadi enak. Jadi lebih baik modal tambah dikit agar seimbang dengan tenaga yang bunda gunakan untuk praktek resep nastar idaman.

Bahan Olesan Untur Resep Nastar Nanas

3 butir kuning telur + 1 sdm telur + 1 sdm butter. Kunci sukses cara membuat kue kering nastar agar lebih wangi mengkilat dan tidak pecah olesannya ada pada bahan olesan dan cara mengolesinya: cara membuat bahan olesan: Lelehkan butter dengan api kecil jangan sampai gosong. Dinginkan butter , lalu campur dengan kuning telur dan air. Siap digunakan.

Cara Membuat Selai Nanas Untuk Isi Nastar Istimewa

Berdasar pengalaman admin resep masakan, memakai selai nanas buatan sendiri itu lebih baik dalam berbagai sisi. Pertama : berbeda dengan selai nanas siap pakai yang biasa dibeli ditoko bahan kue, maka tekstur selai buatan sendiri tidak akan menjadi liat pada hasil akhir nastar nanti. Kedua: rasa lebih enak / buket. tetapi jika memang Bunda berniat ingin memakai selai nanas siap pakai maka janganlah salah beli, sebab jenis selai buah yang dijual ditoko bahan kue itu ada 2 macam. yaitu selai halus untuk topping aneka kue, dan selai kasar untuk isian kue. Jadi nanti selai nanas yag bunda beli adalah selai nanas kasar ya Bund. Bilang saja ke toko bahan kue "selai kasar". Oke... mari kita lanjutkan dulu resep selai nya. Bahan selai nanas untuk isian nastar istimewa bikinan sendiri:
  • 4 bh nanas segar beli dipasar, parutlah atau blender nanas
  • 250 gr gula pasir
  • 1 sdt garam halus
  • 2 cm kayu manis
  • 2 butir cengkeh

Cara membuat selai nanas :
Masak blenderan nanas halus bersama airnya, garam dan kayu manis hingga kering. Tuang gula pasir, masak terus dengan api kecil hingga kering dan liat. Angkat. Hati-hati dalam membuat selai nanas sebab selai bisa meletup-letup saat dimasak. Buang kayu manis dan cengkeh setelah matang selainya. 

Cara membuat Nastar Lembut:

Cara membuat nastar lembut tidak membutuhkan banyak waktu. Bunda or pembaca semua bisa membuat nastar dengan penuh menghayati, menikmatikan detailnya proses membentuk bulatan-bulatan kue kering nastar sampai tak terasa proses nya sudah selesai:
  • Kocok pakai mixer atau pakai spatula kayu margarin, butter, gula dan telur cukup sampai tercampur saja agar hasil kue tidak keras.
  • Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk perlahan hingga tercampur rata.
  • Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, isi dengan selai nanas. Jika anda menyukai nastar klasik yaitu pakai cengkeh maka silakan tancapkan 1 biji cengkeh perbulatan nastar sekarang. Susun diloyang tipis, beri jarak satu dengan yang lain sebab nanti bulatan kue nastar akan mengembang sedikit ketika dipanggang / dioven..
  • Masak dengan cara dioven dengan suhu 130’C selama lebih kurang 30 menit. Keluarkan dari oven, poles dengan bahan polesan, oven lagi hingga kuning mengkilat. Inilah rahasia kulit nastar menjadi tidak pecah sekaligus mengkilat cantik, jadi ngolesnya ketika nastar sudah setengah matang.
  • Angkat, biarkan dingin. Susun dalam toples, tutup rapat agar nastar awet 2 bulan.
Nah, sekarang Bunda sekeluarga sudah siap menikmati nastar hasil praktek resep nastar nanas lembut yang istimewa. Kekagetan Bunda sewaktu membuat selai nanas sendiri sudah terbayarkan dengan kepuasan Bunda dan keluarga mendapatkan nastar spesial buatan sendiri, he he... Selamat ya Bund....