Silakan Resep dipraktekkan untuk keluarga atau usaha. Cicipi dulu sebelum diangkat dari kompor barangkali kurang asin.

Resep Masakan Ikan Tuna

Resep Masakan Ikan Tuna
Ikan Tuna si perenang handal berdaging warna merah ini dimasak apapun pasti lezat ( asal yang maka lagi gak sakit gigi ). Ikan tuna bisa digoreng, di sup , juga bisa di bakar dipanggang.  Kali ini Resep Masakan akan menyajikan resep masakan ikan tuna yaitu Ikan Tuna Bakar dulu. Bumbunya pakai Kecap.

Resep Masakan Ikan Tuna Bakar

Bahan-bahan resep :

500 gr tuna segar
1/2 sdt jahe parut
2 siung bawang putih bubuk, boleh bawang putih yang ditumbuk halus
3 siung bawang merah, ulek 
5 sdm kecap manis enak
5 sendok minyak sayur
1 sdt merica bubuk
2 sdm kecap asin
4 sdm saus tiram , biasanya tersedia disupermarket
1 sdm air jeruk limau / jeruk nipis
2 daun bawang iris halus

Cara Memasak Ikan Tuna :

  1. Cuci daging tuna, potong melintang sesuai selera.
  2. Aduk rata bumbu untuk merendam ikan, yaitu minyak sayur, bawang merah halus, bawang putih halus, kecap,manis, kecap asin, air jeruk limau, jahe parut dan juga merica bubuk.
  3. Rendam ikan selama 30 menit agar  bumbu meresap
  4. Tiriskan ikan.
  5. Bakar ikan dengan api kecil dan di bolak balik agar resep masakan ikan tuna matang sempurna. Setelah agak matang olesilah dengan sisa bumbu, lalu bakar lagi bolak-balik sampai matang.
Selesai. Ikan Tuna Bakar siap disantap. Untuk 5 porsi. Sangat lezat dimakan pakai nasi bersama keluarga. Baca juga resep ikan lain di blog Resep Masakan. 

Sekilas Ikan Tuna

"Tuna" berasal dari perkataan Spanyol atún, dari bahasa Arab تن atau نون (tun/tunn), dari bahasa Latin thunnus, dari bahasa Yunani Kuno: θύννος – yang ditelusuri asal mulanya lagi berasal dari θύνω (thynō), yang berarti "melesat".

Bentuk tubuh Tuna yang sedikit banyak mirip dengan torpedo, sedikit memipih di sisi-sisinya dan dengan moncong meruncing.  Aspek yang luar biasa dari fisiologi tuna adalah kemampuannya untuk menjaga suhu tubuh lebih tinggi daripada suhu lingkungan. Sebagai contoh, tuna sirip biru dapat mempertahankan suhu tubuh 75-95 °F (24-35 °C), dalam air dingin bersuhu 43 °F (6 °C).

Sekian resep masakan Ikan Tuna lezat dengan cara dibakar menggunakan bumbu kecap. Resep Enak Ikan Kerapu silakan baca di Resep Ikan Kerapu