Silakan Resep dipraktekkan untuk keluarga atau usaha. Cicipi dulu sebelum diangkat dari kompor barangkali kurang asin.

Resep Masakan Lebaran Idul Fitri

Resep Masakan Lebaran Idul Fitri
Ahla wa sahlan... Kini saatnya mengupas tentang resep masakan lebaran idul fitri.  Ini perlu kita pelajari dengan harapan nanti pas lebaran sudah siap masak guna disajikan untuk keluarga or handai tolan. Gak terasa sebentar lagi puasa, sebentar lagi lebaran idul fitri. Tadinya sih cuek, tau-tau kemarin pas admin Resep Masakan mampir ke Toko Bahan Kue eh suasana lebih rame dari hari-hari biasa, apalagi ada Pembeli nanyain toples kue kering, jadi keinget deh kalo sebentar lagi mau puasa, mau idul fitri.

Resep Masakan Lebaran

Cara Membuat Lontong Daun Pisang

Baiklah, untuk resep kali ini kita akan mulai colek beberapa resep masakan lebaran, dengan nama lain idul fitri. Kita mulai dengan resep lontong beras / ketupat dulu. Bahan membuat lontong / ketupat :
  • beras, cuci bersih dan tiriskan
  • air secukupnya
  • daun pisang, bisa diganti dengan plastik standar ukuran 1/2 kg, bisa diganti dengan anyaman daun kelapa untuk membungkus lontong
Resep Lontong or ketupat ada 3 versi, yaitu : lontong dibungkus pakai daun pisang, lontong dibungkus pakai plastik atau lebih dikenal dengan nama ketupat, dan ketupat yang dibungkus pakai anyaman daun kelapa. Mari simak satu persatu.

Lontong bungkus pakai daun pisang

Bentuknya lonjong / memanjang. Rasanya lebih khas. Jenis lontong ini lebih disuka daripada jenis lontong dibawah ini. 
CARA MEMBUAT LONTONG  :
  • Potong-potong daun pisang menjadi lembaran-lembaran, celupkan 1 menit dalam air mendidih agar layu tidak mudah pecah saat disemat, lalu keringkan.
  • Buat gulungan-gulungan ( selongsong ) daun pisang dengan garis tengah 3 cm. Salah satu ujungnya dikancing dengan cara disemat lidi.
  • Masukkan beras ke dalam gulungan daun pisang sebanyak setengahnya saja. Kemudian kancing kembali sisi gulungan yang satunya. Selesaikan tahap ini satu demi satu sampai beras habis. Kita namakan gulungan-gulangan daun pisang berisi beras ini dengan nama lontong mentah. Masukkan lontong mentah ke dalam panci berisi air sampai lontong-lontong mentah ini terendam.
  • Rebus hingga lontong masakan lebaran idul fitri menjadi matang, ciri-ciri lontong matang yaitu lontong terasa padat. 
  • Matikan kompor, tiriskan tapi sirami dulu lontong dengan air matang dingin supaya kulit tetap bersih. Dinginkan dengan posisi berdiri agar air pergi.
Itulah resep lontong daun pisang. Silakan klik Lontong Plastik jika ingin membuat lontong menggunakan plastik. Sengaja postingan resep lontong daun pisang dipisah dengan artikel lontong plastik karena di artikel ini sudah lumayan panjang. Simak terus resep masakan lebaran untuk persiapan idul fitri tahun ini ya...