Silakan Resep dipraktekkan untuk keluarga atau usaha. Cicipi dulu sebelum diangkat dari kompor barangkali kurang asin.

Resep Lontong Menggunakan Plastik

Resep Lontong Menggunakan Plastik
Setelah kemarin kita masak bareng, maksud saya mbahas bareng mengenai Lontong pakai daun pisang, sekarang kita akan mencoba resep Lontong menggunakan kemasan plastik. Biasanya lontong dibuat pakai kemasan daun pisang , tetapi bila daun pisang tidak ada maka bisa plastik gak masalah. Cuma rasa Lontong menjadi agak berbeda tentu. Membuat lontong dengan kemasan plastik sama dengan cara lontong daun pisang. Lontong plastik biasa dijual diwarung-warung pecel, lotek.


Agar makanan yag dihasilkan berhasil dan sesuai dengan keinginan maka resep masakan lontong ini penting banget apalagi jika ibu-ibu , kaum remaja putri baru pertama kali akan membuatnya. Cara membuat lontong menggunakan plastik ada tipsnya juga agar matang secara merata.


Langkah-langkah membuat lontong plastik:

Siapkan alat dan bahan:


  1. Siapkan 1 kg beras atau berapa gram saja disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga / jumlah orang yang ditargetkan akan makan lontong, cuci bersih, rendam kira-kira 3 jam menggunakan air dikasih sedikit garam agar rasanya gurih ( optional ), lalu tiriskan setelah 3 jam.
  2. Masukkan beras tadi ke dalam plastik kemasan standar / kecil, masukkan 13 volume saja, rekatkan ujung plastik menggunakan api lilin.
  3. Tusuk-tusuk plastik berisi beras, tusuk rata cukup bayak dengan garpu. Guna tusukan ini agar air masuk kedalam beras demi proses pematangan.
  4. Siapkan air dalam panci, panaskan dengan api sedang. Masukkan lontong plastik mentah tersebut dalam panci. Gak harus sampai mendidih airnya ya, lotong mentah tetap bisa langsung masukkan keair dipanci asal air sudah panas. Untuk takaran air dalam panci harus banyak yaitu menutupi lontong mentah. Beri sedikit air kapur sirih pada air agar hasil lontong plastik lebih padat.
  5. Rebus dengan api sedang, setelah setengah jam lontong dibalik, pindahkan lontong yang di bagian bawah panci pindah ke bagian atas, lontong yang di bagian atas pindah ke bawah agar lontong matang secara merata. Lanjutkan merebus hingga total waktu merebus sekitar 2 jam. Tapi proses membalik ini sebenarnya tidak wajib, bisa dibiarkan begitu saja tetap matang lontongnya.
  6. Tambahkan air dingin bila ketika merebus, air menjadi berkurang atau asat
  7. Matikan kompor bila sudah matang, tiriskan
  8. Selesai. Lontong siap dipotong-potong dihidangkan dengan sate, opor, atau apa saja. Oh ya lontong ini awet ya, kalo habis bisa, dimasukkan kulkas untuk dimakan besoknya cukup dihangatkan saja dengan cara pakai dandang atau rice cooker kayak masak nasi seperti biasa.
Insya Alloh nanti akan diposting resep cara membuat lontong ketupat dari daun kelapa. Tentu saja serangkaian resep ini masih dalam rangka persiapan resep masakan lebaran idul fitri.

Nikmati pula Resep Masakan Kepiting Asam Manis