Silakan Resep dipraktekkan untuk keluarga atau usaha. Cicipi dulu sebelum diangkat dari kompor barangkali kurang asin.

Resep mudah Srikaya Kelapa Muda, gizi dan manfaat Srikaya

Resep Srikaya Kelapamuda

Resep Srikaya Kelapa Muda. Ibu-ibu, bapak-bapak, semua yang hobi kutak-kutik didapur.... Kali ini kita akan praktek resep mudah Srikaya Kelapa Muda, sekaligus Resep masakan akan share mengenai gizi, manfaat Srikaya. srrlrrluuup.......

Resep Kue Srikaya Enak

Bahan :
200 ml santan kental dari 1/4 butir kelapa 
1 lembar daun pandan atau diganti dengan 2 sdt pasta pandan 
4 butir telur ayam 
250 gram gula pasir 
1 sdt garam halus 
100 gram tepung terigu 
250 gram kelapa muda, keruk memanjang 

Cara Membuat Srikaya Enak

  1. Campur santan dan 1 lembar daun pandan yang diremas atau ganti dengan pasta pandan, rebus sambil diaduk hingga mendidih. Dinginkan dan buang daun pandannya. Sisihkan.
  2. Ambil sebuah wadah, kocok lepas telur, gula pasir, garam halus. Masukkan tepung terigu, tuang santan perlahan hingga tercampur rata. Tambahkan kelapa muda, aduk lagi sampai tercampur rata. 
  3. Siapkan mangkuk alumunium foil, oles dengan margarin atau bisa diganti dengan minyak. Tuang adonan sirkaya, panggang dalam oven suhu 175' Celcius hingga matang. Sajikan.
  4. Mangkuk alumnium foil dapat dibeli di toko bahan kue dan supermarket. Ada berbagai macam bentuk / ukuran, yakni oval, lingkaran dan persegi panjang. 
Oh ya,barangkali ibu-ibu perlu mengetahui yang satu ini: yaitu tentang buah Srikaya, namanya mirip dengan resep diatas sehingga saya sedikit singgung disini meskipun resep diatas tidak memakai buah srikaya. 

Srikaya kaya akan energi makanan, merupakan sumber zat besi yang baik. Buah Srikaya memiliki nama latin (Annona squamosa) ini berasal dari daerah tropis yang termasuk ke dalam golongan genus annona. Buah Srikaya banyak di jumpai di toko buah. Buah Srikaya ini memiliki rasa yang enak sepeti buah sirsak namun buah srikaya bentuknya kecil seperti buah jeruk agak besar sedikit.

Buah Srikaya


Buah ini mengandung energi sebesar 101 kilokalori, protein 1,7 gram, karbohidrat 25,2 gram, lemak 0,6 gram, kalsium 27 miligram, fosfor 20 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Buah Srikaya juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 22 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Buah Serikaya, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 58 %. 

Srikaya digunakan oleh beberapa masyarakat di India untuk meramu tonik rambut. Bijinya juga ditumbuk, dioleskan untuk membasmi kutu rambut Selain sebagai konsumsi buah menyehatkan, biji buah Srikaya dapat digunakan sebagai pestisida nabati. Misalnya ekstrak biji Srikaya digunakan untuk mengendalikan serangan hama ulat Spodoptera litura, Plutella xylostella, dan Rayap tanah. Ekstrak biji Srikaya berfungsi sebagai racun perut pada serangga hama tersebut. 

Oke deeh, sekian dulu Resep mudah Srikaya Kelapa Muda, gizi dan manfaat Srikaya, sampai jumpa dipostingan berikutnya berjudul Srimiskin (xi xi xi...becanda, gak ada makanan yang namanya Sri miskin). Untuk postingan selanjutnya Resep masakan berjanji akan mengupas tentang Tips dan trik sukses membuat kue kering.