Silakan Resep dipraktekkan untuk keluarga atau usaha. Cicipi dulu sebelum diangkat dari kompor barangkali kurang asin.

Tips Memilih Udang Segar

Tips Memilih Udang Segar
Artikel kali ini, admin Resep Masakan membahas mengenai tips membeli udang segar / prawn, cara memilih udang dan seterusnya yang berhubungan dengan udang mentah.


Tips Memilih Udang Yang Segar

  • Belilah udang dengan kulit atau cangkang karena dapat mencegah tingkat penyusutan udang berkat kandungan air didalamnya.
  • Warna kulit udang harus bening tanpa ada cairan. Jika muncul warna lain dari bagian kepala itu bisa dipastikan sebagai tanda udang sudah tidak segar bahkan busuk, dan sudah pasti indera penciuman kita bisa merasakan aroma basinya.
  • Perhatikan struktur tubuh udang: Kepala udang yang segar masih melekat seluruhnya pada badannya. Bila dipegang, badan udang terasa keras kenyal, serta kulitnya bening dan berseri. Udang yang sudah busuk badannya lembek, warnanya keruh kusam.
  • Pilihlah udang berkulit kuat kencang untuk mempermudah melepasnya dari dagingnya.

Cara Menyimpan Udang Agar Awet

Jika membeli udang segar maka udang harus dipakai dalam waktu kurang dari 24 jam. Tetapi jika kita tidak hendak langsung memasaknya maka segera cuci bersih, tiriskan sebentar kemudian masukkan dalam plastik atau wadah lain dan segera bekukan didalam lemari pendingin atau freezer tampa mengulitinya dulu. Udang juga bisa dikupas / dikuliti dulu sebelum disimpan itu tidak masalah.

Udang merupakan jenis seafood beku, hanya bisa dilumerkan satu kali dan langsung digunakan. Jangan disimpan atau dibekukan lagi jika sudah keluar dari freezer karena kualitasnya akan menurun mudah tumbuh bibit bakteri jahat.

Untuk yang alergi dengan udang, kepiting dan cs nya sudah tentu harus berhati-hati ya sebab dikawatirkan makannya hanya sebentar eh efek alergi akan dirasakan lama membuat tidak nyaman, meskipun udang sangat menggiurkan cobalah untuk melupakannya dengan cara memilih masakan nikmat lain misalnya Resep Masakan daging Sapi Lada Hitam super lezat menggoda selera.

Nah sekarang setelah kita tau bagaimana cara memilih udang segar serta cara menyimannya agar awet, kita juga perlu tau tips memasak udang agar tidak amis, penampilannya cantik. Serta akan dibahas pula mengenai penggunaan limbah udang yang ternyata sangat lezat untuk dibikin kaldu. 

Insya Alloh untuk artikel selanjutnya admin Resep masakan akan mengulas tentang itu semua.