Silakan Resep dipraktekkan untuk keluarga atau usaha. Cicipi dulu sebelum diangkat dari kompor barangkali kurang asin.

Cara Membuat Susu Kedelai Tidak Langu

Cara Membuat Susu kedelai
Tak ada rotan akarpun jadi. Tak ada susu sapi maka susu kedelai pun boleh, he he... Admin pernah pengalaman jualan susu kedelai. Silakan anda praktekkan cara membuat susu kedelai yang tidak langu barangkali anda ingin membuatnya untuk keluarga.

Bagaimana Cara Membuat Susu Kedelai Tidak Langu

Adanya bau langu disebabkan oleh aktivitas enzim lipoksigenase yang terdapat pada kedelai. Terjadinya bau langu muncul terutama pada waktu pengolahan, yaitu setelah tercampurnya lipoksigenase dalam lemak kedelai dan tambah menguat jika proses penggilingan kedelai menggunakan air dingin. 
Untuk itu disarankan untuk menggunakan air hangat ketika menggiling kedelai agar tidak bau langu.  Dengan cara tersebut pembentukan senyawa aldehid volatil dapat dicegah.

Bahan dasar: 500 gr kacang kedelai 5 liter air, gula pasir secukupnya, daun pandan, garam sedikit, bisa ditambahkan juga essence buah seperti strawberry atau coklat jika sudah matang

Langkah-langkah Membuat Susu Kedelai  

  • Sortirlah kedelai dari kedelai busuk, batu dan kotoran lain. Cuci kacang kedelai dengan air bersih,  Pencucian sebelum perendaman dapat mengurangi jumlah bakteri yang ada pada biji kedelai. Rendam 10 jam atau semalaman hingga melar dan empuk. Perendaman juga melarutkan oligosakarida penyebab kembung. Banyaknya air yang digunakan untuk merendam adalah 2-3x volume kedelai. Perendaman dengan air dilakukan selama 6-10 jam. Setelah itu tiriskan dan cuci lagi.
  • Lalukan Blanching atau pemanasan sesaat yaitu rebus atau bisa juga kukus biji kedelai selama sekitar 10-15 menit. Tujuan Blanching sebelum ekstraksi atau penggilingan adalah menghilangkan enzim penyebab bau langu sehingga bau langu dapat diminimalisir.
  • Cara membuat susu kedelai selanjutnya adalah gilinglah dengan blender biasa. Air yang digunakan untuk memblender adalah air hangat bersuhu 60-70 derajat celcius. Penggilingan dengan air panas akan menghilangkan penyebab bau langu yaitu sebagian enzim lipoksidase.
  • Saring kedelai yang sudah diblender. Penyaringan dapat dilakukan dengan saringan, kain blacu, alat pengepres dll. Ampas hasil saringan dapat diperas kembali 1-2x untuk meningkatkan hasil.
  • Panaskan susu kedelai yang sudah disaring. Suhu pemanasan antara 60-90 derajat celcius, selama beberapa menit. Misalnya jika suhunya 63'Celcius maka waktunya 30 menit, atau jika menggunakan suhu lebih tinggi misalnya 85'Celcius maka waktunya lebih cepat menjadi 3 menit saja. Selama pemanasan susu dari kedelai harus diaduk terus untuk mencegah penggumpalan dan tidak gosong.
Silakan dipraktekkan cara membuat susu kedelai agar tidak langu. Ada lagi resep minuman yang bisa anda coba dari website resep masakan ini yaitu Cara Membuat Jus Apukat Sehat