Silakan Resep dipraktekkan untuk keluarga atau usaha. Cicipi dulu sebelum diangkat dari kompor barangkali kurang asin.

Cara Bikin Telur Asin

Cara Bikin Telur Asin
Telur Asin identik dengan kota Brebes. Bisa dikatakan Brebes adalah pusatnya produksi telur asin. Telur Asin bebek enak dimakan meski hanya pakai nasi tanpa sayuran lain. Kalo lagi sempat silakan coba bikin telur Asin pakai resep cara bikin telur asin. Saya sudah pernah mencobanya. Meskipun prosesnya lama karena butuh waktu rendaman berhari-hari, tapi kesan yang saya dapat adalah saya merasa puas sudah membuat telur asin sendiri dan memakannya sendiri. Saya begitu sayang terhadap telur bikinan sendiri, seolah-olah ada seni tersendiri sudah kulewati hari-hari menunggu telur selesai proses.

.Bahan Untuk Bikin 

  • 10 butir telur bebek segar
  • 400 gr garam dapur / garam kotak / garam krosok. Jika rasa asin hasil praktek anda ini anda rasa terlalu asin maka takaran garam untuk perendaman bisa dikurangi, yang terpenting tidak mengurangi waktu jarak perendaman.
  • 1,5 – 2 liter air bersih 
  • Wadah atau ember apa saja yang tutup rapat

Cara Membuat Telur Asin 


1. Rendam terlebih dahulu telur dengan air sekitar 5 menit, jangan sertakan atau singkirkan saja jika ada telur mengambang karena telur mengambang melayang itu sudah tidak berkualitas segar. Setelah direndam kemudian di cuci hingga bersih dari kotoran. 
2. Tiriskan telur lalu keringkan dengan handuk, singkirkan telur retak jika ada. Setelah selesai kita akan mempraktekkan langkah-langkah dibawah ini.

Membuat Larutan Air Garam


1. Buatlah larutan air dan garam. Panaskan memanaskan air dan garam,l diaduk-aduk hingga garam terlarut semua. Biarkan air larutan garam dingin kembali. Jangan digunakan dulu jika air masih hangat.
4. Jika larutan air dan garam sudah dingin, tuangkan secara perlahan ke dalam wadah yang sudah terisi telur bebek tadi. Telur bebek harus terendam larutan air garam, jika telur tidak mau tenggelam di larutan air garam maka siapkan kantong plastic kiloan lalu diisi dengan air bersih separuh plastik, kemudian taruh kantong plastik berisi air tadi diatas rendeman telur sehingga posisi kantong plastik menindih telur di larutan garam.

5. Sampai disini proses hampir selesai. Tutup wadah telur, simpan tempat sejuk, biarkan selama 12 hari maka sudah enak masir.

6. Sesudah 12 hari perendaman maka sekarang kita akan melakukan proses perebusan telur asin. 


Perebusan Telur Asin

Agar hasil rebusan sempurna, telur direbus dengan api kecil jangan sampai mendidih hingga matang selama 1,5 jam. Pakai api kecil agar telur tidak pecah. Pastikan panci dalam keadaan terbuka tidak boleh ditutup selama proses perebusan telur. Sampai disini proses bikin telur gurih asin sudah selesai.

Pengukusan Telur Asin


Ada juga cara lain untuk mematangkan telur yaitu dengan cara di kukus, waktunya juga sama yaitu 1,5 jam tetapi dengan menggunakan api sedang.


Penasaran pengin bikin telur beginian ? he he.... Isya Alloh anda akan menikmati prosesnya, hari-hari anda kadang lupa baha anda sedang menunggu proses rendaman selesai, tapi begitu anda teringat anda akan berjingkat dan ngintip telur-telur anda, insya Alloh begitu. Kok tau??? he he... soalnya admin Resep Masakan pernah mempraktekkannya sendiri.

Buat anda pecinta telur silakan icip-icip juga Resep Omelet