Silakan Resep dipraktekkan untuk keluarga atau usaha. Cicipi dulu sebelum diangkat dari kompor barangkali kurang asin.

Resep Bika Ambon kue enak dan enak lagi.

Postingan kali ini Resep Masakan akan mengupas tentang Resep Bika ambon. Bika Ambon merupakan makanan atau kue berwarna kuning dengan tekstur legit berlubang-lubang. Bahan baku / komponen utama makanan ini berupa tepung sagu. Kue makanan ini cocok dimakan sebagai teman minum teh, sebagai teman siapa saja.....(tehnya manja suka minta ditemenin)


Bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, cokelat. Bika ambon biasanya dapat bertahan selama sekitar empat hari, setelah itu kue mulai mengeras. 



Menurut penjelasan M Muhar Omtatok, seorang sejarawan, Kue Bika Ambon terilhami dari Kue asal Melayu yaitu Bika atau Bingka. Lalu makanan ini dimodifikasi dengan bahan pengembang berupa Nira hingga berongga & berbeda dari kue Bika atau Bingka khas Melayu itu. Selanjutnya M Muhar Omtatok menyebutkan bahwa kue ini disebut Bika Ambon karena pertama sekali dijual popular di simpang Jl Ambon – Sei Kera Medan.

Bika ambon dikenal sebagai makanan khas Medan, Sumatera. Diperkirakan, sebutan bika ambon muncul dari kebiasaan masyarakat yang dahulu baru mengenal bika yang diproduksi di jalan ambon, Medan. Penyebutan bika ambon akhirnya menjadi tradisi seiring dengan berkembangnya industri makanan ini.

Nah, buat kita semua yang mau coba bikin sendiri Bika Ambon berikut ini resepnya. Resepnya NCC yang Resep masakan modifikas biar tambah wangi.


Resep Bika Ambon Praktis

Bahan A:

100 gram tepung terigu protein sedang misal segitiga biru
200 ml air kelapa segar yang baru dikeluarkan dari buah kelapa.
11 gr ragi instant


Bahan B:

16 butir kuning telur
400 gram gula pasir
300 gram tepung sagu tani
600 ml santan kental matang (baca note postingan bagian bawah untuk santan kentalnya agar wangi
1 sdt garam
(tidak dikasih vanili)

Cara membuat Bika Ambon ala blog Resep Masakan:

  1. Aduk bahan A sampai rata, diamkan selama 15 menit agar mengembang.
  2. Aduk sampai rata : telur, gula, garam dan vanilli, lalu masukkan bahan A, tepung sagu, aduk rata sambil tuangi santan sedikit demi sedikit sampai santan habis. Saring. 
  3. Tutup, istirahatkan alias fermentasikan selama 2 jam. 
  4. Tuang adonan kedalam cetakan oval yang telah dipoles minyak tipis-tipis. Adonan jangan diaduk lagi agar sarangnya tidak rusak. 
  5. Panggang dalam oven panas 180’ C, pintunya setengah dibuka, sampai matang dan bagian atas kue berwarna kuning kecokelatan. Angkat, keluarkan dari cetakan.
  6. Hidangkan. 

Note Resep Masakan

Untuk membuat santan gunakan dua buah kelapa tua. Ambil santan kentalnya saja. Masak dengan api kecil hingga agak berminyak, masukan daun pandan,daun jeruk, serai lalu disaring, supaya kuenya wangi alami. 
Tiap menambahkan santan ke dalam adonan, aduk pelan-pelan. Aduk lagi setelah bahan A masuk. 
Panaskan dulu loyang bika ambonnya ya, kalo lupa nanti sarangnya gak bisa terbentuk. Tandanya loyang sudah panas, waktu adonan dituang ke dalam loyang terdengar suara mendesis. 
Bika ambon ini dipanggang dengan suhu rendah, disarankan agar mengganjal pintu oven supaya terbuka sedikit atau bisa juga menggunakan loyang yang atasnya bolong-bolong. Kalo ovennya terlalu panas, jadinya bika ambon bantat. 
Agar Bika Ambon atasnya berwarna kecoklatan, gunakan api atas sebentar saja setelah bikanya sudah matang . 

Jika anda susah cari cetakan Bika Ambon dan cetakan-cetakan lain silakan beli di Syahidah Toko Online atau sms/call 085747827060. Dan untuk yang belum paham mengenai macam-macam obat kue sebaiknya simak artikel tentang Mengenal bahan-bahan kue.