Silakan Resep dipraktekkan untuk keluarga atau usaha. Cicipi dulu sebelum diangkat dari kompor barangkali kurang asin.

Resep Cilok Bandung Enak Sederhana

resep cilok bandung


Resep cilok Bandung enak  akan di terangkan disini. Yaitu resep membuat cilok sederhana isi daging, ayam dengan tekstur kenyal ber bumbu kacang dengan cara bikin cilok yang mudah. Cilok merupakan singkatan dari Aci Dicolok. Meskipn begitu, sekarang cilok disajikan atau dijual tidak mesti pakai tusuk sebab zaman berubah dan tusuk tergantikan dengan plastik saja. Dan bumbu pendampingnya pun tidak melulu sambal kacang, melainkan bisa diganti dengan saus tomat + kecap. Nyamm.....

Sebagai pentol dengan penggemar sangat banyak diseluruh Indonesia termasuk admin resep masakan disini, dengan senang hati website resep masakan menyuguhkan resep pentol cilok untuk Agan semua khususnya untuk remaja yang ingin coba-coba bikin cilok sendiri biar dapat makan sepuasnya , he he....

Resep Cilok Bandung

Bahan pentol cilok:
200 gram tepung tapioka
3 sendok makan tepung terigu
ikan yang diambil dagingnya saja jika suka, penambahan ikan biasanya dilakukan jika kita tidak berniat memberi isian pada pentol
100 ml air panas
1 sdt garam
micin / bumbu penyedap sedikit jika mau
air untuk merebus


Sambal kacang untuk resep cilok bumbu kacang :

100 gram kacang tanah, goreng dengan 1 sedikit minyak panas, tiriskan
5 biji cabai rawit
50gram gula merah
3 siung bawang putih
3 sdm larutan air asam jawa
100 cc air
garam seperlunya
minyak goreng untuk menumis bumbu


Cara membuat Cilok bandung Enak :

  • Campurkan semua tepung, tambahkan garam, ikan yang sudah diremas-remas dan penyedap secukupnya jika suka, aduk rata.
  • Tuang air panas dengan cara sedikit demi sedikit sambil diaduk pakai sendok kayu atau sendok besar hingga adonan pentol menjadi kalis dan bisa dibentuk. 
  • Beri isi sesuai selera jika mau diberi isi, sebelum dibentuk menjadi bulat-bulat. Bisa diisi ayam, daging atau apa saja. Jika tidak mau diberi isi maka tinggal dibentuk bulat-bulat saja.
  • Didihkan air lalu masukkan bulatan cilok mentah lalu masak hingga cilok sederhana ini mengapung. Tunggu beberapa saat agar adonan benar-benar matang kenyal lalu angkat dan tiriskan.
  • Sekarang kita bikin bumbu kacang nya. Blender kacang tanah beserta bahan dan bumbu-bumbu, tumis dengan sedikit minyak, tuang air, tambahkan garam secukupnya serta penyedap jika suka. Setelah mendidih, masukkan cilok matang, aduk rata hingga tercampur rata dengan bumbu. Angkat dan sajikan. Jika tidak suka bumbu kacang maka bisa pakai saus tomat dan kecap.

Resep Cilok Kenyal

Itulah resep cilok kenyal yang saya dapatkan dari referensi google. Kelebihan membuat cilok sendiri adalah selain bahan baku cilok mudah di beli ditoko terdekat, kita juga bisa sekalian memilih saus yang lebih berkualitas agar rasa lebih maknyus dan sehat, sebab seperti yang kita ketahui rego nggowo rupo, yang artinya adalah saus yang murah itu bisa jadi berbahaya karena terbuat dari bahan baku low quality yang sebenarnya gak pantes dimakan. Dan bikin cilok sendiri tentu lebih sehat karena kita tidak pakai bahan pengawet berlebihan. Admin resep masakan sendiri pernah praktek cilok enak pakai saus khas Cilacap dengan resep sederhana kreasi sendiri. Dan rasanya senang menikmati moment membentuk blondo-blondo cilok sebelum dicelupkan ke air mendidih. 

Oh ya ada juga cilok yang penampakannya berwarna hitam seperti gambar cilok diatas. Itu juga buatan Bandung dan warna hitamnya berasal dari penggunaan daun salam, ceritanya di Cilacap ada banyak penjual cilok yang cilok nya didatangkan dari Bandung. Warnanya hitam dan dijual Rp 500,- perbiji. Katanya sih ngangkut cilok dari Bandung berkandi-kandi / berkarung-karung karena memang suppliernya sudah sukses jual cilok dengan cara di stock ke penjual-penjual cilok dibanyak kota. Rasanya sih menurut saya tidak istimewa, yah namanya juga Rp 500,- jadi ya itu tadi, rego nggowo rupo he he... Biarpun begitu, saya tetap suka membelinya karena begitu penjual lewat penginnya ngemil melulu, he he.. Nah, buat pembaca resep, selamat praktek resep cilok bandung enak, lebih sehat dan sederhana cara bikinnya.