Silakan Resep dipraktekkan untuk keluarga atau usaha. Cicipi dulu sebelum diangkat dari kompor barangkali kurang asin.

Cara Membuat Mentega

cara membuat mentega

Cara membuat mentega putih maupun mentega kuning bisa untuk menambah wawasan kita. Ment├ęga atau dalam bahasa inggrisnya adalah butter, merupakan makanan yang berbahan baku susu, dibuat dengan mengaduk krim yang didapat dari susu. DiIndonesia, mentega sangat bermanfaat , biasanya digunakan untuk bahan membuat kue, aneka resep masakan dan sebagai olesan roti / biskuit, dan kadang-kadang bahan untuk menggoreng, misalnya mentega putih biasanya untuk menggoreng kue donat atau kue lain. Pengganti mentega ialah margarin. Harga margarin lebih murah, dan memiliki rendah lemak dan kolesterol dibanding mentega atau butter.


Cara Membuat Mentega

Cara membuat mentega putih maupun kuning berikut ini biasanya dilakukan oleh pabrik skala besar. Mentega adalah emulsi air-dalam-minyak, jadi kebalikan dari krim. tekstur mentega tetap padat saat didinginkan, tetapi meleleh secara perlahan-lahan pada suhu kamar. Mentega hampir sama dengan roombutter, bedanya roombutter adalah mentega yang wanginya lebih tajam dan berwarna putih.

Bahan baku untuk membuat mentega adalah krim susu. Apakah krim susu itu ? Krim susu adalah lapisan paling atas dari susu yang terbentuk jika didiamkan / dibiarkan selama beberapa hari di dalam kulkas / pendingin. Krim ini dipisahkan dari lapisan bawah susu atau biasa disebut skim. Cara membuat mentega yaitu mentega dibuat dengan cara mengaduk-aduk (istilahnya butter churning) krim susu menggunakan alat khusus pengaduk mentega sampai berbentuk padat. Lalu krim susu akan terpisah menjadi bagian lemak padat dan bagian cair (air) setelah selesai proses pengadukan (churning) dengan menggunakan alat yang biasa disebut Churn. 

Apakah pembaca pernah mendengar istilah Buttermilk ? Nah, Cairan yang terpisah dari mentega selama proses pengadukan itulah yang dinamakan buttermilk atau susu mentega. Mentega kemudian dipadatkan dan dicetak sesuai selera dengan menggunakan cetakan. Mentega ini selanjutnya dapat pula diolah menjadi minyak samin atau ghee dengan cara memanaskan mentega, dipanaskan menggunakan nyala api kecil sampai terbentuk warna kuning keemasan. Lalu cairan yang terbentuk dipisahkan dari pengotor yang berbentuk padatan. Buat orang Indonesia yang pernah tinggal di Timur tengah atau Saudi Arabia, Qatar, Dubai tentu sudah tidak asing lagi dengan minyak Samin karena minyak samin merupakan salah satu tradisi kawasan Asia Selatan / India, termasuk Jazirah Arab. Itulah tadi sekilas mengenai cara pembuatan mentega


Beda Mentega dan Margarin

Seringkali ibu rumah tangga yang akan bikin kue bingung mau memilih margarin atau mentega untuk kue-kuenya. Disini akan kita sampaikan smengenai beda mentega dan margarin, dengan harapan ibu rumah tangga tidak lagi bingung memilih diantara keduanya. Tetapi untuk lebih spesifik akan kita bahas di judul artikel yang berbeda karena di artikel cara membuat mentega ini sudah cukup panjang, spesifik dalam artian mengenai mentega, margarin, roombutter, dan BOS
  • Mentega. Mentega lebih wangi daripada margarin. Harga mentega lebih mahal daripada margarin. Mentega terbuat dari susu sapi atau produk susu hewan yang  mengandung minimal 80% lemak susu.Lebih mudah meleleh bila diletakkan di suhu ruang. Rasa mentega gurih dan aromanya harum. Mentega biasa dibedakan menjadi 2 yaitu Unsalted Butter (mentega tawar) dan Salted Butter (asin mengandung garam) Contoh merek mentega: Merk Wijsman (hanya salted butter), Anchor, Elle & Vire, Orchid, Blue Triangle, Golden Fern. Mentega biasa digunakan untuk membuat cake atau kue basah yang mengutamakan tekstur lembut dan wangi. Kue kering akan menjadi lembut jika menggunakan mentega, tetapi mudah remuk, untuk mengokohkannya maka sebaiknya diberi campuran margarin.
  • Margarin terbuat dari minyak nabati, umumnya terbuat dari kelapa sawit. Teksturnya lebih padat atau keras dan titik lelehnya tinggi dibanding mentega. Warna lebih kuning dari mentega karena adanya zat pewarna alami, spt karotenoid. Penggunaan margarin biasa dilakuka untuk pembuatan kue-kue yang memerlukan tekstur kokoh atau keras. Misalnya kue kering. membuat kue kering dengan cara ditambahi margarin maka tekstur kue kering akan keras. Untuk membuat kue kering yang kokoh tapi tetap lembut maka perlu campuran mentega dan margarin dalam pembuatan kue kering. Contoh merk margarin: Blueband, lalu Simas, Filma (salted & unsalted), forVita dan lainnya.
Selain pengetahuan mengenai cara membuat mentega, Pembaca bisa mengetahui perbedaan mentega dan bahan yang sejenis dengan mentega yang insya Alloh akan saya posting di disini.