Silakan Resep dipraktekkan untuk keluarga atau usaha. Cicipi dulu sebelum diangkat dari kompor barangkali kurang asin.

Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot

tips memasak cumi agar tidak alot

Cumi-cumi merupakan hidangan special bagi penyuka masakan seafood. Cumi-cumi bisa dimasak sebagai isian Takoyaki, topping pizza, bisa pula dimasak asam manis, digoreng tepung dan berbagai masakan bumbu lain. Tekstur cumi-cumi kenyal enak. Tips cara perawatannya sebenarnya sangat mudah, hanya saja bagi pemula memang harus tau caranya. Pada artikel ini admin website Resep Masakan akan memberikan tips membersihkan cumi, lalu mengolah cumi-cumi menjadi makanan lezat sekaligus tips memasak cumi agar tidak alot.



Cara Memilih Cumi

Tips memilih cumi ketika kita membeli

  • Pilih cumi-cumi yang masih segar. Tanda dari cumi yang segar adalah badannya terasa kenyal, berwarna keunguan bertitik-titik hitam jika cumi-cumi kecil, berwarna putih dengan sedikit titik-titik hitam untuk cumi-cumi besar, 20 cm. Cumi layu tidak mengkilap biasanya sudah hampir busuk. Cumi-cumi layu tidak enak dimasak
  • Cumi-cumi akan menciut mengecil setelah di olah. Jadi kesannya setelah mengolah cumi-cumi menjadi lebih sedikit dikarenakan jumlah kandungan air pada cumi-cumi berkurang karena proses memasak.

Membersihkan cumi-cumi


Langkah-langkah mencuci cumi-cumi

  • Pisahkan kepala dari badan cumi dengan menariknya perlahan. Buang kantung tinta yang terdapat di bawah rahang dengan tagan saja juga bisa sebab sangat mudah. Anda bisa memakai bantuan pisau untuk membersihkan cumi
  • Masukkan telunjuk ke dalam kantung tubuh cumi dan tarik keluar kotoran yang ada di dalamnya. Bentuk kotoran itu adalah bulatan kecil.
  • Di dalam tubuh cumi terdapat tulang rawan di bagian punggung sebelah dalam. Tarik tulang tersebut untuk mengelupas lapisan kulit cumi yang berwarna ungu. Bersihkan kulit sehingga cumi berubah warna jadi putih.
  • Setelah itu cuci semua bagian cumi menggunakan air mengalir sampai bersih. Cumi-cumi sekarang siap dimasak dengan menerapkan tips memasak cumi agar tidak alot.

Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot

Cara memasak cumi-cumi


1. Setelah cumi dibersihkan, potong cumi-cumi sesuai selera. Cumi-cumi bisa dipotong persegi panjang, iris-iris bagian dalam dagingnya secara menyilang. 
3. Agar cumi-cumi tidak alot maka tumis sampai matang dulu bumbu-bumbu, baru masukan cumi selama 1 menit saja lalu angkat. Jadi masaknya sangat sebentar.
4.Apa anda berniat menggorengnya ? Jika hendak memasak cumi-cumi goreng, lumuri cumi-cumi dengan bumbu, masukkan ke dalam minyak goreng yang telah panas. Segera angkat. 

Terlalu lama memasak cumi-cumi menyebabkan dagingnya alot keras, sulit dicerna. Silakan ikuti tips memasak cumi agar tidak alot dan cumi enak sekaligus mudah dimakan tidak alot. Dapatkan pula bahan takoyaki khas Jepang dengan isian cumi klik Jual Bahan Takoyaki